Berikut Ini Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Berikut Ini Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Berikut Ini Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa – Bau mulut merupakan salah satu masalah yang sering muncul saat berpuasa. Bau mulut tak hanya membuat orang lain tidak nyaman, tapi juga bisa memengaruhi rasa percaya diri. Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa.

Cara menyembuhkan bau mulut saat perut kosong

Saat berpuasa, mulut terasa kering. Kondisi inilah yang kemudian berujung pada bau mulut atau halitosis.Selain itu, Harvard Health Publishing menyatakan bahwa bau mulut juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan bakteri mulut. Ketika bakteri menguraikan sisa makanan, menimbulkan bau yang tidak sedap.

Berikut beberapa cara menghilangkan bau mulut melalui puasa alami.

1. Sikat gigi

Seperti yang telah disebutkan, bau mulut saat berpuasa bisa disebabkan oleh partikel makanan yang menumpuk di gigi.Untuk mengatasinya, Anda bisa menyikat gigi.

Ingatlah untuk menyikat gigi secara menyeluruh. Gunakan sikat gigi untuk menyikat seluruh bagian mulut, terutama sela-sela gigi.

Saat menyikat gigi di siang hari, berhati-hatilah agar tidak menelan air atau pasta gigi. Dengan cara ini Anda bisa cepat rileks dan terhindar dari bau mulut.

2. Berkumur dengan obat kumur

Berkumur dengan obat kumur dapat menyegarkan nafas. Hal ini menyebabkan bau nafas yang sebelumnya menyengat menjadi hilang.

Untuk hasil terbaik, pilihlah obat kumur yang mampu membunuh bakteri di mulut. Dengan cara ini pembusukan sisa makanan akibat sisa bakteri dapat dihindari.Selama bulan puasa, berkumur selalu diperbolehkan asalkan tidak berlebihan. Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak menelan obat saat membilas.

3. Membersihkan lidah

Lidah bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau mulut. Jika Anda merasa napas mulai tidak sedap, Anda bisa membersihkannya dengan alat pengikis lidah khusus.Tidak perlu menggunakan pasta gigi atau air untuk membersihkan lidah. Namun, pastikan alat pengikis lidah selalu dalam keadaan bersih.

4. Mengobati penyakit gusi penyebab bau mulut

Bau mulut dapat disebabkan oleh penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis. Akumulasi bakteri pada akar gigi menimbulkan bau yang tidak sedap.Untuk mencegah bau mulut semakin parah saat berpuasa, masalah gusi yang menjadi penyebabnya perlu segera diobati. Untuk menentukan pengobatan yang tepat, konsultasikan dengan dokter Anda.

5. Makan buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk dan nanas, dapat meningkatkan air liur.Jika produksi air liur tetap terjaga dengan baik, maka masalah mulut kering akan teratasi. Selain itu, air liur juga membantu menghilangkan asam yang dihasilkan bakteri mulut selama pemecahan makanan. Hal ini membuat bau mulut lebih mudah dikendalikan saat berpuasa.

Baca Juga : Ingin Paru-Paru Bersih Konsumsi Makanan Berikut Ini

6. Cukupi kebutuhan cairan

Memastikan tercukupinya kebutuhan cairan saat berbuka puasa dan sahur merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut saat puasa

Saat berbuka puasa makan tidak boleh memperbanyak asupan cairan di siang hari. Sebaiknya, pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan selama jam kerja hingga subuh.

Bila asupan cairan tetap terjaga, produksi air liur tetap berfungsi dengan baik. Dengan cara ini, bau mulut akan teratasi selama Anda berpuasa.Untuk menghilangkan bau mulut dengan berpuasa dengan benar, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dengan cara ini, pengobatan dapat dilakukan tergantung pada patologi yang mendasarinya.

Tips mencegah bau mulut saat puasa

Bau mulut saat puasa sebenarnya bisa dicegah melalui tindakan sederhana. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dihantui rasa tidak enak di mulut saat berpuasa.

  • Berikut beberapa cara mencegah bau mulut saat berpuasa.
  • Hindari makanan yang berbau menyengat seperti bawang bombay atau jengkol, terutama saat sahur.
  • Hindari makanan atau minuman dengan kandungan gula tinggi saat puasa dan sahur, karena dapat menempel di gigi dan menjadi makanan bakteri penyebab bau mulut.
  • Minumlah air yang cukup saat sahur agar tubuh tetap terhidrasi.
  • Berkumurlah dengan air garam sebelum tidur untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.

Langkah-langkah di atas tidak akan sepenuhnya melindungi Anda dari bau mulut saat berpuasa.Namun dengan melakukan tindakan pencegahan, risiko bau mulut setidaknya bisa dikurangi.

Banyak cara mengatasi bau mulut saat puasa

  • Sikat gigi tanpa menelan air atau pasta gigi.
  • Bilas mulutmu dengan obat kumur tapi jangan terlalu banyak.
  • Membersihkan lidah adalah tempat menumpuknya bakteri penyebab bau mulut.
  • Pengobatan penyakit gusi yang menimbulkan bau tidak sedap pada mulut.
  • Konsumsilah buah-buahan yang mengandung vitamin C di akhir puasa dan sahur untuk memastikan produksi air liur tetap terjaga.
  • Pastikan kebutuhan cairan Anda terpenuhi, terutama sebelum Anda mulai berpuasa.